Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 30 April 2009

SITUS- SITUS BUMI BELAMBANGAN BERPOTENSI SEBAGAI ALAM TAKAMBANG

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Banyuwangi merupakan kota di ujung timur pulau jawa yang memiliki khasanah sejarah yang menarik untuk dikupas dalam memperoleh kemerdekaanya. Tidak kurang dari 60. 000 rakyat belambangan yang gugur, hilang atau menyingkir ke hutan. Tampaknya jumlah ini tidak begitu besar jika dilihat dari hitungan jumlah penduduk pada waktu itu. Namun perlulah diketahui bahwa jumlah penduduk Belambangan pada waktu itu tidak sampai 65. 000.
Berbagai serangan telah dialami oleh rakyat Blambangan, namun rakyat Blambangan mampu menumbangkan strategi perang oleh Belanda, sebagai contoh misalnya serangan yang dialami rakyat Blambangan adalah perang Puputan Bayu. Dalam setiap peperangan telah meninggalkan suatu bangunan atau yang saat ini merupakan situs- situs sejarah yang dapat dijadikan sebagai bukti adanya perjuangan rakyat Blambangan waktu itu. Misalnya Rowo Bayu, Sumur Sritanjung, tugu TNI 0032 dan lain- lain. Kita sebagai penerus bangsa, tidak lepas dari sejarah leluhurnya. Mengenal sejarah bukan berarti kita terus hidup di masa lampau dengan ideologinya yang bersifat kedaerahan, tapi kita harus menatap serta memperbaiki masa sekarang dan masa yang akan datang dengan cara merealisasikannya dalam sebuah bentuk perbuatan yaitu mengenal, melestarikan situs- situs sejarah bumi Blambangan. Masyarakat umumnya tidak mengetahui situs- situs bersejarah yang ada di bumi Belambangan ini. Tidak hanya itu, ironisnya dalam dunia pendidikan, pengetahuan pada situs- situs sejarah daerah tidak lagi menjadi hal nomer satu. Hal itu dikarenakan kekurangan publikasi oleh pemerintah daerah kabupaten Banyuwangi dan kurangnya perhatian dunia pendidikan. Padahal untuk menjadikan pendidikan berkembang lebih pesat diperlukan media pembelajaran yang bervariasi ke alam bebas untuk memperoleh ilmu penegetahuan yang lebih. Jika dunia pendidikan mengetahui bahwa bumi Belambangan mempunyai situs- situs sejarah yang berpotensinya sebagai alam takambang dapat dipastikan cara pembelajaran dan penyampaian materi akan lebih bervariasi, inovatif dan menyenangkan karena sesuai dengan pengertiannya, Alam takambang adalah suatu bentuk pembelajaran yang menjadikan alam dalam lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, tempat berguru. Dengan demikian cara belajar yang semula monoton dan bahkan membosankan, serta hanya mengacu pada buku bacaan dapat ditanggulangi dengan memanfaatkan situs- situs sejarah bumi Belambangan sebagai Alam takambang. Oleh karena itu, penulis mengambil judul “SITUS- SITUS SEJARAH BUMI BLAMBANGAN BERPOTENSI SEBAGAI ALAM TAKAMBANG” sebagai karya tulis.
1.2 Tujuan
Mengenal situs- situs sejarah Bumi Blambangan bahwa berpotensi sebagai Alam Takambang.
1.3 Masalah
Apa saja situs- situs sejarah Bumi Blambangan yang berpotensi sebagai Alam Takambang?
1.4 Manfaat
1.4.1 Untuk mengenal situs- situs sejarah Blambangan.
1.4.2 Bagi penulis untuk mengetahui lebih jauh mengenai situs- situs sejarah bumi Blambangan.
1.4.3 Bagi pendidikan bermanfaat sebagai acuan awal atau pendahuluan untuk mengenal dan mengetahui situs- situs yang akan digunakan sebagai Alam Takambang
1.4.4 Hasil dari Literatur dapat digunakan sebagai tambahan di perpustakaan sekolah SMA Negeri I Rogojampi.

Tidak ada komentar: